BUAH PENAMBAH DARAH

Setahu kami buah untuk penambah darah adalah sbb :

  1. Buah Naga : di dalam buah naga ada 2 macam warna yaitu warna merah dan warna putih dan warna yang dua dua itu juga sama untuk penambah darah.
  2. Buah bit : buah bit ini dalamnya berwarna merah dan agak berbay tanah karena berkembanya di akar  dan rasanya agak hambar sebaiknya jika mau rasanya enak bisa di jus dan di campurkan dengan buah apel.

Buah bit adalah salah satu buah yang sering diguakan sebagai pewarna alami untuk berbagai jenis makanan. Warna ungu ataupun merah keunguan yang dihasilkan oleh buah bit sangat bagus digunakan sebagai perwarna makanan ataupun minuman secara alami. Buah bit yang dikenal dengan akar bit mapun bit merah ini merupakan salah satu jenis tanaman dari kelompok Amaranthaceae dan memiliki nama latin Beta Vulgaris. Tanaman ini tumbuh di dalam tanah sejeni umbi-umbian yang ebrwarna merah keunguan yang paling banyak ditemukan di wilayah Amerika Untara maupun Inggris.

Pohon kaktus yang selama aku masih sekolah dasar tidak menarik perhatian, beberapa tahun lalu marak dengan berbagai ragam kaktus mini nan cantik, dan kini salah satu varietas pohon kaktus ini menanjak namanya buka karena pohonnya tetapi karena buahnya yang selama ini tak pernah menarik perhatian. Dan nama buah yang ngetren ini adalah buah naga.

Nama buah naga merujuk pada buah-buah yang dapat dimakan dari tumbuhan jenis:

  • Hylocereus undatus, yang buahnya berwarna merah dengan daging buah putih.
  • Hylocereus polyrhizus, yang buahnya berwarna merah muda dengan daging buah merah.
  • Selenicereus megalanthus, dengan kulit buah kuning dan daging buah putih.
  • Hylocereus costaricensis, buah naga dengan warna buah yang sangat merah.

Asal buah naga

Menurut wikipedia, ensiklopedia bebas, Buah naga (pitaya) adalah buah dari beberapa jenis kaktus dari marga Hylocereus dan Selenicereus. Buah ini berasal dari Meksiko, Amerika Tengah dan Amerika Selatan  namun sekarang juga dibudidayakan di negara-negara Asia seperti Taiwan, Vietnam, Filipina, Indonesia dan Malaysia. Buah ini juga dapat ditemui di Okinawa, Israel, Australia Utara dan Tiongkok  selatan. Hylocereus hanya mekar pada malam hari.

Pada tahun 1870 tanaman ini dibawa orang Perancis dari Guyana ke Vietnam sebagai tanaman hias. Oleh orang Vietnam dan orang Cina buahnya dianggap membawa berkah. Oleh sebab itu, buah ini selalu diletakkan di antara dua ekor patung naga berwarna hijau di atas meja altar. Warna merah buah terlihat mencolok di antara warna naga-naga yang hijau. Dari kebiasaan inilah buah itu di kalangan orang Vietnam yang sangat terpengaruh budaya Cina dikenal sebagai thang loy (buah naga). Istilah Thang loy kemudian diterjemahkan di Eropa dan negara lain yang berbahasa Inggris sebagai dragon fruit (buah naga).

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s